30 Maret 2010

Figur Drs.Muhammad Djufri,SH,Msi.


Kab. Mamuju, Buser Trans.
            Pendidikan di kabupaten. Mamuju Utara provinsi Sulawesi Barat membawa perubahan dan tergolong sukser,yang dinahkodai sang kepala dinas Pendidikan pemuda dan olah raga,Drs.Muhammad Djufri,SH,Msi. Seiring berjalannya waktu, lonceng kemakmuran di Kabupaten. Mamuju Utara Sulawesi Barat, mulai berdetak kencang, hingga saat ini berdering keseluruh nusantara, dunia pendidikan membawa harum semerbak wangi bunga, hampir 90% ujian nasional lulus sejak tahun 2008 sampai saat ini.
            Sejak itu pula pembangunan gedung serta rehab sekolah mengalami peningkatan diberbagai plosok desa dan kecamatan sekabupaten mamuju utara. meskipun kabupaten mamuju utara dipropinsi sulawesi barat adalah salah satu kabupaten tergolong muda yang baru dimekarkan beberapa tahun silam, dapatlah membawa perubahan yang sangat drastis, pasalnya terkhusus persoalan dunia pendidikan yang kini kian membaik dari tahun sebelumnya.
             Sebut saja sang kepala dinas Drs.Muhammad Djufri SH,Msi. adalah sosok pembawa perubahan, dengan mengutamakan sikap kedisiplinan kinerja terhadap bawahannya, kepala sekolah maupun pada guru guru demi terciptanya anak bangsa serta anak didik yang handal ,dengan segunduk apresiasi yang disandangnya, yang tampak mencolok ditengah dominasi seperti ditahun 2010 ini,dengan gebrakannya membebaskan iuran sekolah ataupun Gratis pembayaran biaya sekolah,pada SD,SMP dan SMA.
            Korelasinya anak anak usia sekolah dini ,memberikan dampak positif yang telah dirasakan masyarakat mamuju utara,yakni kurangnya pengagguran,bahkan kualifikasi pendidikan guru terus digenjot ,seperti guru Spg,Diupayakan menjadi D2,begitupun D2 Diupayakan menjadi d3,dan D3 diupayakan jadi S1. Peningkatan profesional seorang guru terus dipacu hingga dari tahun ketahun mengalami peningkatan demi meningkatkan pencitraan pada pendidikan,untuk mengejar sukses berharap pada pendidikan,bayangkan skarang ini sejumlah 132 SD,16 SMP,7SMA,dan 4SMK,mendapatkan aspresiasi yang membanggakan juara 1 lomba cerdas cermat,UUD 1945,serta bahasa inggris. pada tahun 2009 pembangunan USP dan RKB,tidak adalagi yang darurat,hampir semua desa dan kecamatan mendapatkan bantuan rehab sekolah melalui dana DAK yang dikelolah oleh pihak kepala sekolah sebagai pengelola bekerja sama anggota komite sekolah,kesemuanya itu demi pencitraan pendidikan yang terus digeluti.
             Besarnya kepercayaan masyarakat terhadap pendidikan sebagai kegiatan pararel,menggapai masa depan cemerlang,untuk itu mengapa tidak,kabupaten yang kaya minyak bumi dan minyak sawit ini,sewajarnya memang diikutkan dalam irama pendidikan yang dominan. saat tim Busertrans bertemu kepala dinas Drs.Muhammad Djufri,SH,Msi.dikantor dinas pendidikan pemuda dan olahraga kab.mamuju utara sulbart,mengatakan"ada dua ciri khas pendidikan yang diterapkan terhadap nya,pertama orientasi menguasai bahasa inggris,kedua orientasi menguasai skill pertambangan,"ungkapnya.

            Kedua faktor penting tersebut yang diterapkannya melalui sekolah teruntuk anak didik,SD,SMP dan SMA,guna menghasilkan sumber daya manusia atau SDM yang handal dan bisa dibanggakan,citra atau image adalah gambaran masa depan daerah mamuju utara terkhusus dunia pendidikan,sebagai kabupaten yang dielus dan punya masa depan,yang berciri khas pendidikan,dan itu dirasakan selama kepemimpinan bupati Ir H.Abdullah Rasyid MM dan wakil bupati Ir.H.Agus Ambo DJiwa MP,Priode 2004-2010.
           Tak banyak yang tahu soal resep pendidikan, ada beberapa agenda yang mengiringi kesuksesan itu,namun yang paling utama adalah kedisiplinan serta giat proses belajar mengajar guru terhadap siswanya,ungkap Drs.Muhammad Djufri,sang kepala dinas. persoalan pendidikan memang tidaklah mudah seperti semudah membalikkan telapak tangan,namun berkat kerjasama, semua dapatlah teratasi serta berjalan sesuai rencana,diakui Drs.Muhammad Djufri,masih banyak yang harus dilaksanakan ,masih banyak kekurangan kekurangan,juga masi banyak program program kedepan yang harus diproritaskan,untuk mempermantap serta memperbaiki sarana dan prasarana yang ada,sedikit demi sedikit ia yakin dan percaya akan membuahkan hasil yang positif,"ungkap kepala dinas yang baik hati ,serta mura senyum ini.M.NURNAS/Advitorial/Buser Trans.

Tidak ada komentar: