03 Januari 2010

Desa Cijulang Membangun Melalui Kucuran Dana PNPM Mandiri Pedesaan


KAB.TASIK,Buser Trans
     Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM Mandiri Perdesaan) merupakan salah satu mekanisme program pemberdayaan masyarakat yang digunakan PNPM Mandiri dalam upaya mempercepat penanggulangan kemiskinan dan perluasan kesempatan kerja di wilayah perdesaan. Program ini dilakukan untuk lebih mendorong upaya peningkatan kualitas hidup, kesejahteraan dan kemandirian masyarakat di perdesaan.
     Pada tahun 2009 kemarin, Desa Cijulang Kec.Cineam Kab.Tasikmalaya menerima kucuran bantuan dana PNPM Mandiri sebesar Rp.299.000.000.Dana sebesar itu dialokasikan untuk pembangunan sarana fisik sebesar 75 persen dan penguatan modal ekonomi kerakyatan sebesar 25 persen.
     Demikian diungkapkan Anwar Sanusi, Kepala Desa Cijulang ketika dikunjungi Buser Trans, pekan kemarin.”Bantuan pemerintah melalui program PNPM Mandiri di desa kami digunakan untuk pembangunan sarana fisik yakni membangun ruang belajar bagi PAUD 4 ruang kelas, satu ruang kantor dan Jl.Cijulang-Sindang sepanjang 1.300 meter dan untuk membantu membayar SPP yang diberikan kepada 99 siswa,”ujarnya.
     Kades mengakui, bahwa PNPM Mandiri Pedesaan sangat membantu dalam membangun sarana-prasarana penunjang produktivitas desa, pinjaman bagi kelompok ekonomi untuk modal usaha bergulir, atau kegiatan sosial seperti kesehatan dan pendidikan. “Karena itu, warga desa kami menyambut baik dengan adanya kucuran bantuan PNPM Mandiri dari pemerintah, karena dapat membangun sarana-prasarana penunjang produktivitas desa, di samping pinjaman bagi kelompok ekonomi untuk modal usaha bergulir dan lainnya.”tuturnya. Dalam masa jabatannya yang baru 3 tahun, peningkatan Desa Cijulang sudah terlihat, dan pada tahun 2010 Anwar Sanusi masih membenahi desanya dengan meningkatkan jalan dan air bersih.(AAN.S/KARSIDIK/RM)***

Tidak ada komentar: