04 Januari 2010

Puting Beliung Menerjang Desa Sandingtaman dan 77 Rumah Rusak






CIAMIS,Buser Trans
       Pada sore kemarin sekitar pukul 15.30 WIB, hujan deras disertai dengan pusaran angin puting beliung menerjang Desa Sandingtaman, Kecamatan Panjalu, Kabupaten Ciamis bagian utara. Akibatnya, selain mengakibatkan 77 rumah rusak dan 1 tempat ibadah, terdiri lima hancur, 11 rusak berat dan lainnya rusak ringan, terjangan angin juga menyebabkan pohon bertumbangan. Warga pun sempat panic saat terjadinya angin puting beliung tersebut.
        Sementara itu arus lalulintas menuju Kecamatan Panjalu yang sempat terputus akibat tertimbun puluhan pohon tumbang, baru kembali lancar pada Senin (4/1) sekitar pukul 12.00 WIB. Setelah warga menyingkirkan batang pohon yang menutup badan jalan.
      “Warga desa kami di Kampung Sindangjaya 39 rumah  dan di Citaman sebanyak 38 rumah mengalami musibah akibat gujan yang mengguyur deras disertai dengan angin puting beliung. Data terakhir yang diperoleh, sebanyak 70 rumah rusak terdiri 5 hancur, 11 rusak berat dan lainnya rusak ringan. Kerugian materil diperkirakan sekitar Rp.60 – Rp.70 juta,”ujar H.Uned, Kepala Desa Sandingtaman.
       H.Uned menjelaskan, bahwa lima rumah yang rusak berat yakni milik Iwan (43), Mad Uun (50), Nasrul (30), ketiganya berada di RT 36/14. Kemudian rumah milik Amat (56) dan Iri (40) keduanya masuk RT.37/14.
     Untuk mengurangi beban korban bencana putting beliung di Desa Sandingtaman tersebut, Bupati Ciamis H.Engkon Komara didampingi Kepala Badan Penanggulangan Bencana Alam Daerah (BPBAD) Ciamis Odang Ruhiyat langsung menyalurkan bantuan berupa uang tunai sebesar Rp.2,5 juta dan sembako. Kepada korban, Engkon meminta agar warga dapat secepatnya memperbaiki rumah yang hancur atau rusak.
      "Kami harapkan, warga yang mengalami musibah agar secepatnya memperbaiki rumah yang rusak, sehingga dapat segera kembali menghuni rumah. Dengan gotong royong seluruh warga, maka pekerjaan tersebut akan dapat diselesaikan," tutur Bupati Ciamis yang juga berasal dari Desa Sandingtaman ini.
      H.Uned berharap kepada Pemkab Ciamis, untuk membantu perbaikan rumah warga yang terkena musibah, terutama yang mengalami rusak berat dan hancur.”Setidaknya, pemkab membantu untuk pengadaan bahan bangunan bagi warga desa kami,”harap Kades Sandingtaman.(REDI MULYADI)***

Tidak ada komentar: