27 Desember 2009

Kondisi Bangunan SDN 1 Kertaraharja Tak Layak Pakai






CIAMIS, Buser Trans
     Bahwa terwujudnya pendidikan yang berkualitas dan kuantitas harus ditunjang oleh berbagai faktor. Dalam hal ini, demi majunya sebuah sekolah terutama di dalam kegiatan belajar mengajar (KBM) antara siswa dengan guru, maka diperlukan sarana dan prasarana yang memadai.
     Namun, tidak demikian halnya dengan SDN 1 Kertaraharja di Dusun Panoongan Desa Kertaraharja Kec.Panumbangan Kab.Ciamis, karena kondisi bangunannya yang rusak parah. Bahkan sebanyak 4 ruang kelas sudah tidak layak pakai untuk KBM di sekolah ini.
     “Karena tidak memiliki ruang kelas yang layak, maka sebagian besar siswa harus belajar di tenda yang kami pasang di lapang olahraga, pinggir sekolah. Mau bagaimana lagi, karena kenyataannya seperti ini,”ungkap Hj.Yeyet SPd, Kepala SDN 1 Ketarahaja kepada Buser Trans.
      Hj.Yeyet mengatakan, bahwa pihaknya sudah berulangkali mengajukan proposal permohonan perbaikan kepada pemerintah, tetapi hingga tahun anggaran 2009 belum juga terealisir.Karena itu, sekolah lain menerima dana rehab termasuk dari DAK, tetapi kondisi bangunan SDN 1 Kertaraharja tetap rusak parah.
     Kepala UPTD Pendidikan Panumbangan membenarkan, proposal permohonan bantuan rehab SDN 1 Kertaraharja sudah diajukan ke Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, tetapi belum juga direalisasikan.”Sebenarnya, kami pun selalu dihantui perasaan was-was kalau ada hujan deras disertai angin kencang, karena dikhawatirkan bangunan SDN 1 Kertaraharja akan roboh,”ujarnya.
     Karena itu, Kepala SDN 1 Kertaraharja dan warga Desa Kertaraharja yang menyekolahkan anak-anaknya berharap kepada pemerintah untuk segera membantu rehab sekolah dasar tersebut, terutama demi terwujudnya pendidikan berkualitas.”Minimal proses KBM di sekolah kami berjalan lancar,”ungkap Hj.Yeyet SPd.(HUSEN/RM)***

Tidak ada komentar: