05 Desember 2009

Sebanyak 712 Sekdes di Jawa Barat Jadi PNS


BANDUNG,Buser Trans 
       Sebanyak 712 sekretaris desa (sekdes) diangkat menjadi pegawai negeri sipil (PNS) dan mendapat nomor induk pegawai. Pengangkatan itu dimaksudkan untuk mengisi formasi yang disediakan sebanyak 820 orang pada tahun 2007. Sebanyak 108 formasi belum diisi karena berbagai faktor, seperti usia lanjut dan dibatalkan Badan Kepegawaian Nasional (BKN) atau alasan teknis lainnya. Pemberian NIP kepada 712 sekdes tersebut dilakukan Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan di Gedung Sate, Jln. Diponegoro Bandung.    
       Heryawan menyatakan, Pemprov Jabar memosisikan pemerintah desa sebagai unit terdepan dalam pelayanan masyarakat, sekaligus tonggak utama keberhasilan pembangunan. Apalagi mayoritas penduduk Jawa Barat tinggal di wilayah perdesaan, yakni 55% atau sekitar 23,1 juta jiwa. Selain itu, dari 10 juta penduduk miskin di Jabar, tercatat 60% berada di wilayah perdesaan.
       “Kebijakan pengangkatan sekdes menjadi PNS difokuskan pada upaya rancang bangun dan keseimbangan kualitas pembangunan desa yang lebih komprehensif. Kebijakan pembangunan desa diarahkan pada rencana program unggulan Pemprov Jabar,yakni Desa Membangun Menuju Desa Peradaban.”kata Gubernur Jabar. 
         Menurutnya, bahwa program ini menekankan pembangunan perdesaan berbasis potensi yang dimilikinya dengan dukungan stimulasi dana sebesar Rp 1 miliar/desa. Dana ini untuk pembangunan prasarana infrastruktur, penguatan kelembagaan, dan peningkatan pemberdayaan ekonomi masyarakat desa. (REDnet)***

Tidak ada komentar: