16 November 2009

Desa Muktisari Akan Kembangkan Obyek Wisata Terpadu






KAB.CIAMIS.Buser Trans
     Dalam upaya memperoleh Pendapatan Asli Desa (PADes), maka Desa Muktisari Kec.Cipaku Kab.Ciamis berencana akan mengembangkan bukit Lin Ayin yang indah itu menjadi sebuah obyek wisata terpadu.Kini lokasi tersebut tengah dibenahi dengan cara dibuldozer dan bagian tebingnya sudah dibenteng.
     “Langkah awal, lokasi itu akan dijadikan arena balapan motor atau grass track. Namun ke depannya, bila ada investor yang menguntungkan, kami akan mengembangkan menjadi sebuah obyek wisata terpadu,”ujar Mad Max, Kepala Desa Muktisari.
     Mad Max punya impian besar, yakni menngembangkan Bukit Lin Anyin menjadi sebuah obyek wisata terpadu yang meliputi Water Park, kebun binatang mini, hotel sekaligus area rapat, arena olahraga dan lainnya. Bahkan, ia akan menciptakan penginapan yang unik di bukit itu bagi wisatawan.
      “Semua itu untuk meningkatkan PADes dan mensejahterakan warga Desa Muktisari. Sebab, dengan adanya sebuah objek wisata terpadu, maka nantinya akan tercipta lapangan kerja bagi warga sekitar, misalnya dengan membuka warung atau pemuda yang nganggur akan punya pekerjaan,”jelas Kades Muktisari.
       Karena itu, kini Mad Max tengah melobi atau menawarkan ke pihak investor untuk mengembangkan Bukit Lin Anyin menjadi sebuah objek wisata terpadu di Kab.Ciamis. Karena untuk mengembangkan kawasan bukit ini menjadi objek wisata yang menarik wisatawan membutuhkan dana cukup besar, minimal Rp.1 miliar.
        Sebenarnya, lanjut Mad Max, sudah ada beberapa investor yang datang untuk bekerja sama menggarapnya. “Namun, belum ada investor yang klop, terutama yang mendatangkan keuntungan bagi Pemdes, misalnya dalam hal sewa kontrak dan lainnya. Kami tak akan asal memilih investor.”ungkapnya, seraya menyebutkan untuk membuka lahan tersebut, ia mengeluarkan kocek sendiri sudah mencapai Rp.100 juta.(DEDE FUAD/REDI M.BUSER)***

Tidak ada komentar: