07 November 2009

Desa Rawa Siapkan Lahan Untuk Mapolsek Lumbung



 








KAB.CIAMIS,Buser Trans
   Sejak lima tahun berdirinya Kecamatan Lumbung hingga sekarang, memang  belum memiliki kepolisian sektor (Polsek), sehingga warga harus berhubungan dengan Polsek Kawali untuk mengurus segala keperluan seperti mengutus SKCK maupun mengenai kamtibmas dan lainnya.
   “Selama ini, bila ada keperluan yang berhubungan dengan kepolisian, terpaksa saya harus ke Polsek Kawali, meski harus menempuh jarah jauh”ujar seorang warga Desa Rawa.
    Karena itu, Pemerintahan Desa Rawa bersama BPD dan tokoh masyarakat mewakili warga Desa Rawa bersedia menyiapkan lahan untuk bangunan Mapolsek bila Polri membentuk Polsek Lumbung.
    “Beberapa waktu lalu, Pemdes dan BPD Rawa sudah mufakat, siap menghibahkan tanah desa untuk keperluan pembangunan Mapolsek Lumbung,”ujar Memed Rusmana, Kepala Desa Rawa.
     Kebetulan lokasi tanah bengkok desa seluas 100 bata itu cukup strategis, menurut Kades Rawa, sehingga bisa terjangkau oleh warga dari desa lain yang ada di Kec.Lumbung.”Kalau memang dibutuhkan, ada tanah desa seluas 100 bata yang siap dibangun untuk Mapolsek Lumbung,”ujarnya.
    Jika kelak ada Polsek Lumbung yang jaraknya dekat, kata Memed, maka warga Desa Rawa dan desa lain akan mempermudah berhubungan dengan aparat kepolisian terutama berkaitan dengan kamtibmas dan keperluan lainnya.
    “Lahan seluas 100 bata pastinya cukup untuk sebuah Mapolsek,”ungkapnya.
     Selain itu,Pemdes Rawa berencana  membangun Pasar Persinggahan dengan 36 kios terutama untuk berjualan makanan khas warga desa, dengan harapan dapat meningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat."Lokasi pasar persinggahan ini rencananya akan dibangun di depan lokasi yang diperuntukkan bagi Mapolsek,"ujar staf desa.
    Namun, ada usulan dari beberapa warga agar Pemdes Rawa pun membangun Pasar Domba, karena selama ini untuk menjual hasil ternak domba/kambing mereka harus ke Kawali dan bahkan ke Kota Ciamis."Kami mengharapkan Kades Rawa dan BPD mendirikan Pasar Domba supaya para peternak di Desa Rawa dan desa lain tidak jauh untuk menjual hasil ternaknya,"ujar seorang peternak kambing.

(REDI M.BUSER/KARSIDIK/HUSEN)***


Tidak ada komentar: