16 November 2009

Madrasah Ibtidaiyyah Negeri Kebanggaan Warga Desa Cibeureum



KAB.CIAMIS. Buser Trans
      Kehadiran sebuah Madrasah Ibtidaiyyah Negeri (MIN) Cibeureum ini  menjadi kebanggaan tersendiri  bagi warga Desa Cibeureum Kec.Sukamantri Kab.Ciamis. Betapa tidak! Buktinya, minat masyarakat menyekolahkan anak anaknya ke sekolah ini cukup tinggi, hingga jumlah muridnya sekarang mencapai 397 siswa.
      “Sejak dinegerikan tahun 2005 lalu, minat masyarakat untuk menyekolahkan anak-anaknya ke MIN Cibeureum cukup tinggi, sehingga kami membuka kelas jauh sebanyak 3 ruang kelas di Kampung Maparah,”ujar A.Juhawan,SPd.I, Kepala MIN Cibeureum.
     Selain membuka kelas jauh, MIN Cibeureum yang berdiri 1 Juni 1969 dibawah naungan Yayasan As-Sakinah ini menambah staf pengajarnya, agar proses kegiatan belajar mengajar (KBM) berjalan maksimal dan meningkatkan kualitas pendidikannya. Kini, jumlah gurunya sebanyak 14 orang yang berstatus PNS dan 12 orang yang masih sukwan.
      Bahkan untuk meningkatkan kualitas pendidikannya, lanjut A.Juhawan, mulai kelas 4 sampai kelas 6, maka tiap mata pelajaran per guru. Tidak sistem borong, artinya semua mata pelajaran diajarkan oleh seorang guru. “Untuk ke depannya, pemanfaatan teknologi komputer sebagai media pembelajaran dengan menggunakan LCD untuk pelajaran MIPA dan Bahasa Inggris, akan kami terapkan,”katanya.
      Apalagi bila bantuan pemerintah lewat APBN sebesar Rp.100 juta yang kini tengah dikerjakan telah selesai, maka MIN Cibeureum akan memiliki gedung serbaguna, yang akan dimanfaatkan untuk ruang perpustakaan serta ruang praktikum MIPA dan Bahasa Inggris.
      MIN Cibeureum pun punya prestasi ekstrakulikuler yang cukup menonjol, misalnya di bidang kepramukaan, olahraga dan kesenian. Karena itu tak mengherankan, bila puluhan piala dan piagam penghargaan tampak menghiasi lemari khusus prestasi yang ada di ruang guru.
      “Semua prestasi yang kami raih selama ini, tiada lain berkat kesinambungan antara guru dengan siswa terhadap kemajuan MIN Cibeureum, juga adanya dukungan dari warga Desa Cibeureum khususnya,” tuturnya.
      Dan yang menonjol, MIN Cibeureum sejak tahun 2006 punya ‘pasukan’ marching band dengan peralatan drumband yang cukup lengkap. Mungkin satu-satunya MIN di Kab.Ciamis yang memiliki drumband dengan peralatan lengkap.
      “Selama ini, drumband MIN Cibeureum sering tampil dalam setiap kegiatan terutama di tingkat Kec.Sukamantri, misalnya pada peringatan 17 Agustus, perayaan hari besar nasional atau hari besar Islam. Bahkan, pada peringatan Hari Jadi ke 5 Kec.Sukamantri pun pada 23 Desember 2009 nanti, drumband kita pasti tampil untuk turut menyemarakkannya,” jelas A.Juhawan,SPd.I (REDI M.BUSER)***

Tidak ada komentar: