16 November 2009

Kondisi Bangunan Pustu Desa Langkap Memprihatinkan






KAB.TASIK,Buser Trans
     Dalam upaya memberikan layanan kesehatan bagi masyarakat di Desa Cilangkap, Kec.Manonjaya Kab.Tasikmalaya selama ini tidak maksimal. Karena bangunan Puskesmas Pembantu (Pustu) yang ada di desa ini kondisinya cukup memprihatinkan sehingga perlu memperoleh bantuan rehab.
      “Sejak beberapa tahun terakhir, Pustu di desa kami tidak berfungsi, sehingga sehingga tidak ada pelayanan kesehatan seperti imunisasi,ada yang melahirkan, layanan KB, praktek pengobatan, dan lainnya.”ungkap Wawan, Kepala Desa Cilangkap.
     Kalau ada warga desa yang sakit, lanjut Wawan, mereka terpaksa harus  berobat ke Puskesmas meski jaraknya agak jauh atau dokter yang praktek di rumah. Karena kondisi bangunan Pustu yang memprihatinkan itu, maka warga desa yang ingin memperoleh layanan kesehatan seperti immunisasi, terpaksa harus ke rumah petugas kesehatan (bidan desa) yang membuka praktek di rumah.
      Sebenarnya, lanjut Wawan, pihak Pemdes Cilangkap sudah mengajukan proposal ke Pemkab Tasikmalaya cq Dinkes untuk memperoleh bantuan rehab. Namun, sampai sekarang tidak ada realisasinya. Padahal, keberadaan Pustu ini sangat dibutuhkan warga desa untuk memperoleh layanan kesehatannya.
      “Kalau mengajukan proposal bantuan untuk rehab Pustu sudah kami lakukan, tapi belum ada tanggapan.”ujar Kades Cilangkap. (KARSIDIK/REDI.MBUSER)***

Tidak ada komentar: