26 Oktober 2009

Padat Karya Bantu Perekonomian Warga Desa Banjaranyar


KAB.CIAMIS,Buser Trans
   Pada tahun 2009 ini, Desa Banjaranyar di Kecamatan Banjarsari Kabupaten Ciamis memperoleh bantuan pemerintah cq Depnakertrans RI melalui program padat karya produktif demi kemajuan warga desa setempat.
   “Program padat karya produktif di desa kami diarahkan pada jenis kegiatan perikakanan air tawar untuk membudidayakan ikan gurame,”ujar Tata, Kepala Desa Banjaranyar. Tata menjelaskan, awalnya pekerjaan padat karya produktif dengan volume pekerjaan 2.700 meter itu dibagi 6 kelompok dan tiap kelompok beranggota 10 orang.Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut mempekerjakan 3.200 orang dengan upah kerja Rp.35.000/orang/hari.
   “Adapun manfaat dari kegiatan program padat karya produktif itu, antara lain dapat memberikan kesempatan kerja bagi yang belum memiliki pekerjaan (penganggur), yang jumlahnya di desa kami masih cukup banyak,”kata Kades.
   Langkah selanjutnya, menurut Tata, pelaksanaan pekerjaan tersebut membutuhkan kelompok usaha produktif yang berkesinambungan.”Dengan adanya program padat karya produktif ini maka diharapkan dapat membantu meningkatkan roda perekonomian warga desa kami,”sambungnya.
   Kades Banjaranyar mengatakan, ada 7 kedusunan dan tiap kedusunan melakukan satu kegiatan pakat karya produktif. Meski kegiatan tersebut ada yang dilaksanakan di lahan milik pribadi maupun tanah Negara. Namun dalam teori pelaksanaannya sesuai ketentuan, yakni 40% untuk penggarap, 40% untuk pemilik tanah, dan 20% untuk lingkungan termasuk laba dari pendapatan.
   “Kelompok usaha pada program padat karya produktif di desa kami yang diarahkan para budidaya ikan gurame, karena prospeknya cerah.”sambung Sariman, salah seorang ketua kelompok padat karya di Desa Banjaranyar kepada Buser Trans.(JAJANG SP/RM)***

Tidak ada komentar: