24 Oktober 2009

Siapakah Bakal Calon Sekda Kabupaten Tasik ?






KAB.TASIK,Buser Trans
    Sejak pertengahan Oktober 2009 lalu, wacana bakal calon sekretaris daerah (Sekda) Kabupaten Tasikmalaya pengganti Drs.H.Asep Achmad Djaelani MM, mulai mencuat kepermukaan. Bahkan mulai hangat diperbincangkan oleh para politisi maupun tokoh masyarakat dan aktivis LSM.    

    Beberapa pejabat Eselon II pun mulai deg-degan dan berharap dipilih menjadi sekda di kabupaten ini. Ada pula yang melakukan pendekatan kepada bupati. Lantas, siapakah bakal calon yang layak menjadi Sekda Kab.Tasikmalaya periode mendatang?    
   
    “Informasi yang saya peroleh, ada tiga pejabat Eselon II di Pemkab Tasikmalaya yang berpeluang menjadi Sekda Kabupaten Tasikmalaya, menggantikan Drs.H Asep Achmad Djaelani MM yang memasuki masa pensiun bulan Maret 2010,” ungkap Nana Habibi, seorang aktivis sebuah LSM.
    
    Namun, menurut Nana Habibi, ada seorang pejabat yang dekat dan loyal terhadap kepemimpinan Bupati Tasikmalaya Drs.H.Tatang Farhanul Hakim sehingga ia berpeluang besar menjadi sekda.”Soal kerjanya, cukup lumayanlah,” ungkapnya, seraya menyebutkan kalaupun ada pejabat yang kerjanya bagus tetapi kurang begitu dekat dengan bupati sehingga peluangnya kecil.
    
    Dalam menanggapi wacana bakal calon sekda tersebut, Bupati Tasikmalaya Drs.Tatang Farhanul Hakim MPd seperti dilansir Koran Harian Radar, menyatakan bahwa pejabat Eselon II di lingkungan Pemkab Tasikmalaya berpeluang besar jadi sekda. Namun bupati secara pibadi mengaku memiliki criteria khusus untuk menentukan bakal calon sekda menurut versinya.” Ada kriteria khusus untuk calon sekda,” ungkapnya.
    
     Bupati menyebutkan beberapa criteria yang harus dipenuhi bakal calon sekda, antara lain memiliki profesionalisme, kredibelitas, rasa tanggung jawab serta yang terpenting memiliki loyalitas.
    
    Seleksi bakal calon sekda, menurut bupati, sangat perlu

dilakukan sejak dini.Sebab, bila mengacu pada aturan pada
bulan Maret 2010, bahwa sekda baru Kabupaten Tasikmalaya harus sudah dilantik ”Sekda adalah orang kedua bupati. Jadi, saya memformat siapapun  bisa menjadi calon sekda, asalkan memenuhi syarat formal dan syarat khusus,” tutur Bupati Tatang FH.

    Namun yang pasti, wacana bakal calon Sekda Kabupaten Tasikmalaya mulai menggelinding dan mencuat kepermukaan, hingga menjadi topic pembicaraan warga kabupaten ini terutama dari kalangan politisi, pejabat dan aktivis berbagai LSM.(REDI M.BUSER/DEDE FUAD)@@

Tidak ada komentar: