22 Oktober 2009

Polsek Pangandaran Kini Miliki Polisi Pariwisata






PANGANDARAN,Buser Trans
    Sejak 3 Oktober 2009 lalu, Polsek Pangandaran resmi memiliki satuan polisi pariwisata yang bertugas di kawasan objek wisata Pantai Pangandaran, tetapi mereka tidak mengenakan pakaian seragam polisi.Adapun tugasnya sama seperti halnya anggota penjaga pantai lifeguard Balawista yang ada sekarang.
    “Namun, polisi pariwisata atau polisi penjaga pantai bukan lifeguard seperti Balawista. Sebab, secara preventif bahwa polisi pariwisata bertugas mengawasi dan mengontrol para pengunjung yang berada di sekitar pantai,”ujar Aiptu Eldi Z,Kanit Pariwisata Polsek Pangandaran.
    Dalam tugasnya, menurut Eldi, bahwa polisi pariwisata ini menggunakan sepeda sport dengan kostum seperti pembalap, tetapi mereka dilengkapi dengan aksesoris kepolisian umumnya.
    “Setiap hari, petugas Polisi Pariwisata akan mengelilingi kawasan objek wisata Pantai Pangandaran untuk berpatroli.Namun, untuk sementara ini hanya hari Sabtu dan Minggu saja difokuskan untuk patroli,”jelasnya
    Selanjutnya dia mengatakan, bahwa wilayah operasi Polisi Pariwisata dari Pos I (TWA Cagar Alam) hingga Pos V (Lapang Boulevard).Polisi Pariwisata ini beranggotakan 10 orang yang terdiri dari 9 anggota dan 1 orang Kanit.
    Keberadaan polisi pariwisata ini berperan dalam menjaga Kamtibmas khusus wilayah pantai sehingga nantinya akan memberikan rasa aman dan nyaman kepada para wisatawan yang berkunjung di objek wisata Pantai Pangandaran.
    Selain itu, lanjut Aiptu Eldi Z, para anggota polisi pariwisata ini dibekali beberapa sklill, terutama fisik dan berbahasa, mengingat Pangandaran merupakan objek wisata yang bertaraf internasional. Dalam waktu dekat, anggota polisi pariwisata rencananya akan ditambah menjadi 15 orang, terutama untuk menghadapi persiapan moment besar di objek wisata pantai ini.(ATENG/ACENG/REDI/DEDE FUAD)***


Tidak ada komentar: