12 September 2009

134 Rumah di Desa Imbanagara Rusak Akibat Gempa

KAB.CIAMIS,Buser Trans
    Sebanyak 134 rumah mengalami rusak berat dan ringan yang menimpa warga Desa Imbanegara Kec.Ciamis/Kab.Ciamis pada peristiwa bencana gempa berkekuatan 7,3 SR yang terjadi pada 2 September 2009 lalu. Sedangkan korban jiwa tidak ada, kecuali ada seorang warga yang mengalami luka-luka hingga harus mendapat jahitan di kepalanya.
    "Pada peristiwa gempa bumi yang lalu, memang banyak rumah milik warga desa yang mengalami kerusakan, baik rusak berat maupun rusak ringan. Namun, masalah berapa jumlah kerugiannya, kami masih melakukan pendataan agar hasilnya akurat,"ujar Dadang, Kades Imbanagara kepada Buser Trans.
    Ketika ditanya mengenai bantuan bagi warga yang menjadi korban, menurut Dadang, memang ada meski tidak mencukupi karena jumlah korban yang cukup banyak. Namun,bantuan yang paling utama dibutuhkan warganya, yakni untuk memperbaiki kondisi rumah milik mereka yang rusak.
    Dadang menyebutkan, bahwa rumah warga desanya yang rusak membutuhkan bantuan bahan bangunan, agar segera bisa memperbaikinya. "Kami saat ini tengah berusaha untuk memperoleh bantuan dari Pemkab Ciamis maupun donatur terutama bahan bangunan untuk memperbaiki rumah warga,"ujarnya.
    Karena untuk memperbaiki rumahnya yang rusak, terutama yang hancur dan rusak berat, tentu saja membutuhkan dana yang tidak sedikit. Sementara itu, warganya saat ini tidak begitu konsentrasi untuk bekerja atau mencari uang, terutama untuk biaya perbaikan rumahnya.
   "Kami harap, Pemkab Ciamis untuk segera mengucurkan dana bantuan untuk perbaikan rumah warga yang menjadi korban gempa,"tutur Dadang via ponselnya.(REDI M.BUSER)

Tidak ada komentar: