11 September 2009

DESA LUMBUNG KEMBANGKAN OBJEK WISATA KERAMAT MANGUNJAYA



KAB.CIAMIS,Buser Trans
    Desa Lumbung yang berada di Kec.Lumbung Kab.Ciamis ternyata memiliki sebuah objek wisata yang cukup potensial untuk dikembangkan,yakni objek wisata Keramat Mangunjaya.Lokasi objek wisata ini sekitar 6 km dari Jl.Raya Panjalu- Kawali.
    “Karena melihat potensinya,maka kami saat ini berusaha akan membuka dan mengembangkan objek wisata Keramat Mangunjaya,dengan membuka jalan serta membenahi kawasan wisata.”ujar Yuyu Wahyu,Kepala Desa Lumbung.
    Yuyu menjelaskan,bahwa di objek wisata ini selain adanya makam keramat Kyai Mangunjaya asal Banten yang menyebarkan syiar Islam di wilayah Ciamis Utara, juga sumber air yang ‘ngaburial’ memancar dari tanah,kemudian ada air terjun yang cukup tinggi.
    “Bahkan,ada sebuah goa yang belum terjamah dan konon goa ini tempat persembunyian gerombolan setelah mereka diobrak-abrik TNI di Gunung Sawal.”katanya.
    Dalam upaya membuka dan mengembangkan objek wisata ini,menurut Yuyu Wahyu,setiap minggu warga desanya dikerahkan untuk melakukan gotong royong. Dalam untuk membuka jalan menuju objek wisata dan membenahi lokasi wisata agar nyaman bagi wisatawan yang berkunjung.
    Kabarnya,menurut Kades Lumbung,belum lama ini ada petugas dari Dinas Pariwisata Kab.Ciamis menelusuri potensi objek wisata keramat Mangunjaya. Dengan turun tangannya instansi terkait,maka diharapkan mengucurkan bantuan dana untuk membenahi kawasan objek wisata ini.
    “Untuk sementara ini,objek wisata Keramat Mangunjaya akan dikelola oleh Pemdes dan Karang Taruna Desa Lumbung,yang diharapkan akan memperoleh kontribusi dari pembelian karcis.”tuturnya.(REDI M.BUSER/KARSIDIK)***

Tidak ada komentar: