11 September 2009

WARGA DESA SANDINGTAMAN LAKUKAN PADAT KARYA



KAB.CIAMIS, Buser Trans
Pada tahun 2009 ini, Desa Sandingtaman Kec.Panjalu Kab.Ciamis menerima bantuan dana sebesar Rp.158 juta dari pemerintah untuk kegiatan padat karya yang dilakukan warga desa setempat. Hal itu diungkapkan Kades H.Uned kepada Buser Trans.
“Namun, bantuan dari pemerintah untuk kali ini kami arahkan pada kegiatan padat karya yang sifatnya produktif dan langgeng, yakni usahatani penanaman bunga endong laut dengan membuka lahan seluas 2.000 bata.”ungkap H.Uned.
Dengan demikian, meskipun kegiatan padat karya yang dilakukan warga selama 40 hari sudah selesai, tetapi warga masyarakat masih tetap menggarap usahatani penanaman bunga ending laut tersebut hingga kelak menghasilkan uang.
Karena itu bantuan dari pemerintah sebesar itu, selain digunakan untuk ongkos kerja warga yang membuka lahan, juga untuk pembelian bibit tanaman bunga dan sarana produksi pertanian. Adapun usahatani tersebut dikelola warga melalui kelompok tani yang ada di Desa Sandingtaman.
“Saya optimis, bila usahatani tanaman bunga endong laut ini berhasil, maka kesejahteraan warga akan meningkat karena adanya pendapatan tetap. Jadi, kegiatan padat karya yang kini dilakukan akan terus dinikmati hasilnya oleh warga desa kami.”
Namun diakuinya, usahatani tanaman hias yang saru ini membutuhkan biaya pemeliharaan besar dan waktu cukup lama. Karena itu, saai ini Kades Sandingtaman tengah berusaha mencari bantuan dana untuk biaya pemeliharaan dan lainnya. “Kami tetap masih membutuhkan bantuan dana dari pemerintah.”katanya. (REDI M.BUSER/KARSIDIK)***

Tidak ada komentar: