11 September 2009

Enam Warga Desa Pamarican Kab.Ciamis Terserang DBD



KAB.CIAMIS,Buser Trans:
   Dalam seminggu terakhir ini, sedikitnya sudah ada sudah ada 6 orang warga Dusun Pamarican  Desa Pamarican Kecamatan Pamarican Kabupaten Ciamis bagian selatan yang terserang penyakit demam berdarah dengue (DBD), tetapi tidak sampai merenggut jiwa.
   “ Sejak dua hari lalu, anak saya Pepi terserang DBD hingga trombositnya sangat rendah. Kami khawatir serangan DBD akan meluas kepada warga lain,”ungkap Tatang, warga Dusun Desa kepada Buser Traans
    Dia menjelaskan, bahwa ke enam orang yang terserang DBD tersebut berada di RT.01, RT.03 dan RT.07 Kedusunan Pamarican. Namun, keenam penderita DBD tersebut tidak dibawa ke rumah sakit, tetapi diopname di rumah H.Hiban yang bertugas sebagai Kepala Puskesmas Purwodadi Kecamatan Lakbok yang kebetulan bertempat tinggal di kampung tersebut.
     Jika tidak segera ditangani oleh Kepala Puskesmas tersebut, ada kemungkinan ke 6 penderita DBD tersebut tak akan tertolong jiwanya, karena kampung ini cukup jauh ke rumah sakit baik Rumah Sakit Umum Banjar maupun Rumah Sakit Umum Ciamis.
    “ Dua orang penderita sudah sembuh, sedang penderita lain seperti  Pepi, kemudian Depi, Titi dan Jono masih dirawat di rumah Pak H.Hiban, karena kondisinya masih lemah dan perlu perawatan,”tutur warga lain.
   Dengan banyaknya warga yang terserang DBD, maka warga Desa Pamarican mengharapkan kepada Pemkab Ciamis melalui Dinas Kesehatan untuk segera turun tangan melakukan berbagai upaya pencegahan, terutama penyemprotan (fogging) terhadap nyamuk yang menjadi penyebab DBD.
    “Jangan sampai kasus DBD ini  kian merebak dan menelan korban jiwa. Kami harap Pemkab Ciamis jangan berpengaku tangan setelah menerima laporan dari petugas Puskesmas dan aparat desa yang mengalami kasus DBD.”ujarnya.(*)

Tidak ada komentar: