24 September 2009

Pantai Pangandaran Dipadati Ribuan Wisatawan




BUSER TRANS,Ciamis:
Selama seminggu pada liburan Lebaran tahun ini, objek wisata Pantai Pangandaran di Kabupaten Ciamis dipadati puluhan ribu wisatawan dari berbagai daerah, terutama para pemudik bersama keluarganya. Pasca bencana tsunami dan gempa kemarin, objek wisata ini tetap menjadi primadona pariwisata Kabupaten Ciamis ini, meski jumlah kunjungan wisatawan relative menurun disbanding tahun sebelumnya..
Sejak hari pertama hingga hari keempat Lebaran, jumlah wisatawan ke Pantai Pangandaran membludak, bahkan bahwa kendaraan sempat mengalami kemacetan hingga sejauh 5 km sebelum memasuki gerbang objek wisata Pantai Pangandaran.
“Kendaraan roda empat tidak bisa bergerak cepat karena jalan menuju ke Pantai Pangandaran macet. Saya dan pengendara lain tidak bisa berbuat banyak untuk bisa cepat ke lokasi wisata,”jelas Rosid, warga Kota Tasik
Ribuan wisatawan yang memadati Pantai Pangandaran sebagian besar adalah para pemudik ke Kabupaten Ciamis, Kota Banjar, Kabupaten/Kota Tasikmalaya, Kuningan, Majelengka, Bandung, Sumedang (Jawa Barat), Cilacap, Klaten, Brebes, Purwokerto (Jawa Tengah).
“Kalau mudik ke kampung halaman, lantas tidak berwisata dulu ke Pantai Pangandaran, rasanya kurang klop. Kami dari Majenang sengaja berwisata ke Pangandaran sebelum kembali ke Jakarta,”ujar Ratinem kepada Buser Trans.
Jadi, para pemudik itu membawa keluarganya untuk berlibur dan menikmati objek wisata Pantai Pangandaran dan sekitarnya. Setiap hari raya Lebaran, pasca bencana tsunami tahun 2006 lalu, jumlah kunjungan wisatawan ke sini terus meningkat..
Dengan membludaknya kunjungan wisatawan, tentu saja membawa berkah bagi warga Pangandaran dan sekitarnya, mulai dari nelayan, pedagang asinan, hiasan laut, rumah makan, ban sewaan, perahu sewaan, pemilik penginapan/hotel , pedagang busana pantai hingga petugas parkir kendaraan.
Selain menikmati panorama alam pantai dan berenang di Pantai pangandaran sepuas mungkin, para wisatawan pun bisa mengunjungi kawasan Wana Wisata Pananjung yang menyimpan berbagai tanaman langka, dan juga melihat goa-goa alami peninggalan zaman dulu seperti Goa Jepang, Goa Lanang, Goa Kelelawar dan lainnya. Juga bisa menikmati wisata kuliner di Pantai Timur Pangandaran. Juga para wisatawan bisa mengunjungi Pantai Batu Hiu , Pantai Karangtirta, Pantai Bulaksetra, Pantai Karang Nini dan Green ‘Cukang Taneuh” Canyon yang masih berada di kawasan pantai selatan Kabupaten Ciamis dan tidak bergitu jauh dari lokasi Pantai Pangandaran..(REDI M.BUSER/ATENG JAELANI/ ACENG YAMISA) **

Tidak ada komentar: